Begini nih Caranya Liburan Murah yang Menyenangkan

foto Pilihan Wisata di Batam yang Harus Disambangi

Pasti semua orang menginginkan berlibur dengan biaya minim dan sangat murah, mungkin juga termasuk Anda. Terkadang pun Anda bingung untuk menyiasati bagaimana cara liburan dengan biaya yang sangat murah. Untuk membantu Anda, berikut kami berikan Cara Liburan Murah yang Menyenangkan dan tentunya bisa menghibur hati Anda.

1. Pergi Liburannya di Hari Biasa Aja Yach, Biar Gak Kena Macet Gitu Saat Perjalanan.

Pasti Anda semua udah pada tau dong kalau liburan di waktu libur terkadang akan sangat menyebalkan, karena jalanan bisa sangat macet karena semua orang akan beramai-ramai pergi berlibur mengunjungi tempat wisata yang sama. Tidak cuma itu, harga tiket tempat rekreasi pun akan melonjak daripada hari biasanya. Makanya kalau mau liburan mending hari biasa aja. Memang, terkadang kita harus izin dari tempat kerja untuk melaksanakannya. Tapi sisi positifnya adalah, Anda bisa liburan dengan suasana yang lebih tenang dan bisa menghemat pengeluaran.

2. Kalau Mo Nginep, di Tempat Orang yang Udah diKenal Aja, Pokoknya Tempat yang Murah Meriah.

Semua Orang tentunya udah pada tahu, kalau nginep di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu hal ini akan membuat pengeluaran liburan akan semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menginap di rumah saudara, teman, atau rumah penduduk yang terkadang disewakan untuk liburan. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada di hotel, dan ini bisa menjadi solusi agar liburan Anda menjadi murah meriah.

3. Pake Strategi Pesen Tiket Pesawat atau Tiket Kereta.

Jika Anda sering menggunakan situs OnLine untuk keperluan berlibur, jangan ragu untuk membandingkan satu situs dengan yang lainnya. Sebagai contoh, untuk pemesanan tiket pesawat atau tiket kereta, ada banyak situs OnLine yang bisa dimanfaatkan, seperti Traveloka, Tiket, atau PegiPegi. Cari informasinya sebanyak dan sedetail mungkin dengan cara membandingkannya, karena setiap situs mengambil margin harga yang berbeda-beda dari harga tiket asli. Kalau sudah menemukannya, jangan ragu untuk memesan.

4. Jangan Ragu untuk Tanya-tanya sama Teman yang Udah Pengalaman.

Sebelum Anda menentukan tempat mana yang akan dikunjungi untuk berlibur, sebaiknya Anda cari tahu informasi tentang tempat wisata itu terlebih dahulu. Selain melalui situs OnLine, cari tahu informasinya dengan cara menanyakan langsung kepada teman, atau bisa juga bertanya kepada komunitas lainnya yang udah punya pengalaman mengunjungi tempat wisata tujuan Anda tersebut. Seperti komunitas backpacker, Anda bisa bertanya kepada mereka dan berkonsultasi bagaimana trik agar bisa berlibur dengan menggunakan biaya seminimal mungkin. Jangan ragu untuk menjalin kedekatan dengan para komunitas itu, karena siapa tahu Anda akan diajak berlibur bareng suatu saat nanti.

5. Datengin deh tuh Tempat Wisata yang Baru Buka.

Tempat wisata yang baru dibangun atau baru didirikan bisa menjadi tempat wisata hemat alternatif bagi Anda. Karena biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan selalu menyediakan promo yang super murah. Berbeda halnya dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiketnya ketika liburan berlangsung.

6. Kalau Laper atau Haus, Cari Tempat Jajanan yang Murah aja Yach.

Ketika Anda berkunjung ke tempat wisata, satu hal yang harus diperhatikan adalah biaya makannya. Karena apabila kita makan di rumah makan di tempat tersebut, harganya selalu lebih mahal dari di luar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa makan di daerah sekitar tempat wisata, seperti jajanan tradisional atau warung makan di pinggir jalan yang lebih murah. Hindari juga untuk makan di restoran mewah. Jangan ragu juga untuk mempelajari kekayaan kuliner di tempat wisata tujuan Anda. Sebab itu akan memperkaya wawasan Anda ketika berada di sana.

#### Liburan Gak Perlu Mahal Kan ####

Dengan membaca artikel di atas, Anda bisa menikmati liburan yang murah meriah dengan berbagai cara. Yang jelas, Anda harus mau menyesuaikan liburan dengan dana yang Anda miliki. Jika dana Anda kurang atau menipis, jangan memaksakan diri untuk bisa makan di restoran mewah. Perhitungkan dan rencanakan dengan matang liburan Anda sebaik mungkin.

 

#### EKO WAHYU ####

Tinggal di Bekasi-Jawa Barat

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)