Liburan Pendek yang Nyenengin Banget

Untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas di sela-sela segala aktivitas, melupakan tekanan pekerjaan atau tugas-tugas sekolah bagi anak-anak Anda, berlibur adalah sesuatu yang sangat didambakan. Namun, karena kesibukan yang begitu padat terkadang Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berlibur, agak susah mensiasati dan menyesuaikan waktu demi mendapat liburan panjang, terutama berhubungan dengan waktu libur kerja dan libur sekolah anak-anak. Akan lebih rumit lagi bagi Anda dan Pasangan yang bekerja, umumnya Anda hanya memiliki waktu libur 2 hari saja, Sabtu dan Minggu.

Anda butuh strategi tepat untuk mendapatkan liburan yang sesuai dengan harapan walau waktunya singkat. Berikut beberapa tips agar liburan Anda lebih efektif namun tetap menyenangkan, meski masa liburan relatif singkat :

  1. Rencanakan Perjalanan Sebelumnya

Agar liburan singkat Anda tidak terganggu dengan urusanurusan yang belum terselesaikan misalnya pekerjaan, ambillah cuti pada hari-hari menjelang weekend supaya bisa digabung dengan hari Minggu, sehingga Anda benar-benar bisa memanfaatkan cuti tersebut untuk liburan dan hari Minggu bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

  1. Rencanakan Perjalanan dengan Bijak

Dengan rencana liburan, seperti jadwal berangkat, berapa tempat yang ingin dikunjungi, akan membuat liburan menjadi terarah. Berlibur tanpa tujuan dan rencana yang tidak jelas hanya membuang waktu. Demikian juga transportasi yang digunakan harus direncanakan dengan baik. Selain itu akan lebih bijak jika sebaiknya tidak perlu memasukkan banyak objek wisata ke dalam daftar rencana.

  1. Buat Rencana Cadangan

Rencana perjalananan tetap harus dibuat, tetapi tetap fleksibel karena terkadang banyak hal yang terjadi di luar kendali. Bisa saja Anda mendapat informasi baru tentang objek wisata menarik di luar rencana Anda yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat yang direncanakan. Anda bisa mengganti destinasi yang sudah ditentukan dan tetap melanjutkan serta menikmati liburan singkat Anda.

  1. Buat Daftar Tujuan

Karena waktu yang Anda punyai terbatas maka Anda harus pintar membagi waktu antara satu objek wisata dengan objek lainnya, cari informasi tentang jarak tempat menginap dengan objek wisata yang akan Anda kunjungi. Kelompokkan objek-objek tersebut berdasarkan jarak. Yang terpenting adalah ketika sudah sampai di satu objek usahakan Anda konsisten dengan jadwal, jangan terlena di satu tempat sehingga tempat wisata lain yang sudah direncanakan tak bisa dikunjungi.

  1. Bawa Barang Seperlunya Aja

Untuk liburan yang singkat, sebaiknya tidak perlu membawa barang yang terlalu banyak. Bawalah pakaian secukupnya, obat-obatan pribadi, alat komunikasi, serta kamera. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam tas agar praktis.

  1. Mempersiapkan Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh yang fit dibutuhkan untuk liburan singkat, dalam hal ini kondisi fisik Anda juga harus disiapkan dengan baik. Siapkan makanan yang bergizi dan vitamin, jangan sampai liburan seru Anda terhenti karena Anda lelah dan sakit di tengah perjalanan atau sepulang liburan.

Semoga Informasi beberapa tips diatas bermanfaat.

 

#### EKO WAHYU ####

<<< Tinggal di Bekasi-Jawa Barat >>>

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)

MENGINTIP PESONA KEMEGAHAN “MASJID KUBAH EMAS” di DEPOK

Perjalanan Kami kali ini menuju kawasan Depok-Jawa Barat. Tempat yang Kami kunjungi adalah sebuah Masjid yang bangunannya begitu indah dan megah, “Masjid Dian Al Mahri” atau yang lebih dikenal dengan nama “Masjid Kubah Emas”, yang merupakan Ikon Kota Depok yang sudah terkenal ke seluruh Nusantara bahkan Dunia. —-(Kunjungan Wisata Religi, MT_Al-Istiqomah, Perumahan Chandra Baru_Bekasi, diCeritakan oleh Admin)—-.

Seputar tentang “Masjid Kubah Emas”

Masjid yang dibangun di kawasan Limo, Depok ini selain menjadi tempat ibadah sholat bagi umat muslim sehari-harinya, di kompleks Masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubahnya yang terbuat dari emas. Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekadar dijadikan tempat beristirahat.

Berkapasitas lebih-kurang 15 ribu orang, “Masjid Kubah Emas” berdiri di atas lahan seluas 70 Hektar, sedangkan luas Masjid adalah 8.000 Meter persegi. Mengusung arsitektur gaya Timur Tengah, Masjid ini pun tampak mewah di bagian dalamnya.

Lima kubah kecil yang mengelilingi Masjid pun turut dihiasi emas. Bukan tanpa alasan, karena angka lima merupakan jumlah dalam Rukun Islam.

Relief di atas tempat Imam Masjid memimpin sholat mengandung emas 18 karat. Lampu gantung utama pun didatangkan langsung dari Italia, yang menyinari ruang utama, dan ruangan fungsional lainnya.

Digunakan sebagai tempat ibadah sehari-hari, “Masjid Kubah Emas” rutin menggelar kegiatan seperti Majelis Taklim hingga Safari Ramadhan. Maka tidak heran, banyak jamaah maupun turis mengunjungi “Masjid Kubah Emas” setiap harinya.

Hal Menarik yang Perlu diKetahui :

  1. **Berkubah Emas**

“Masjid Kubah Emas” Depok benar-benar dilapisi dengan emas. Sebanyak 5 kubah dilapisi emas setebal 2-3 mm. Selain kubah yang dari emas, ada pula relief hiasan di tempat Imam yang terbuat dari emas 18 karat. Sedangkan pagar di lantai 2 dan hiasan di 168 mahkota Masjid terbuat dari sisa emas atau prado.

  1. **Didesain Langsung oleh Pendirinya**

“Masjid Kubah Emas” dibangun oleh “Dian Al Mahri”, seorang pengusaha. “Masjid Dian Al Mahri” atau biasa disebut “Masjid Kubah Emas” dibangun pada April 1999 dan diresmikan pada Desember 2006 di kawasan, Limo, Depok. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur Timur Tengah. Untuk desain interiornya sendiri, langsung dirancang oleh “Dian Al Mahri”. Lampu gantungnya yang seberat 2,7 Ton pun langsung didatangkan asli dari Austria.

  1. **Makna Struktur Bangunan**

Luas bangunan Masjid sekitar 8.000 Meter persegi dan luas keseluruhan kawasan Masjid sekitar 70 Hektar. Masjid ini mempunyai lima kubah berlapis emas, yang melambangkan Rukun Islam, dan mempunyai enam menara, yang melambangkan Rukun Iman.

  1. **Wisata Religi Favorit**

Desainnya yang megah serta kubahnya dilapisi emas, “Masjid Dian Al Mahri” menjadi tempat wisata di Depok bertema religi paling favorit. Tidak hanya traveler domestik, namun juga menarik perhatian turis asing. Setiap harinya banyak banget orang yang datang ke “Masjid Kubah Emas”. Area Masjid sangat tertata dan memiliki taman-taman cantik. Saat Ramadhan tiba, Masjid ini menjadi tempat bagi warga untuk ngabuburit.

Mengenal Sosok “Dian Al Mahri”

Nama asli Masjid ini adalah “Masjid Dian Al Mahri”, diambil dari nama pendirinya “Dian Juriah Rais binti Muhammad Rais”. Masjid tersebut kemudian dikenal sebagai “Masjid Kubah Emas” karena kubahnya dilapisi oleh emas. Masjid ini tidak hanya dijadikan tempat ibadah tetapi juga sebagai tempat wisata religi oleh masyarakat.

Sosok “Dian Al Mahri” sendiri memang jarang diketahui masyarakat umum sebagai pendiri “Masjid Kubah Emas”. “Dian Al Mahri” adalah seorang pengusaha asal Banten yang memiliki beberapa bisnis, di antaranya tambang minyak bumi di Brunei Darussalam. Bersama suaminya “Maimun Al Rasyid”, di tahun 1996 membeli lahan di kawasan Limo, Depok, yang digunakan untuk membangun “Masjid Kubah Emas”. Perempuan kelahiran 14 Desember 1949 ini memang dikenal giat mensyiarkan agama Islam. Ia memulai dakwahnya dengan mendirikan majelis taklim di rumahnya tahun 1995 yang beranggotakan 25 orang pada awalnya.

Ia memulai pembangunan “Masjid Kubah Emas” pada tahun 1999 dan diresmikan pertama kali untuk sholat Idul Adha pada tahun 2006.

Jenazah “Dian Al Mahri” dikebumikan usai sholat Jum’at. Semoga Almarhumah “Dian Al Mahri” meninggal dalam keadaan Khusnul Khatimah, Aamiin.

 

 

#### EKO WAHYU ####

<<< Tinggal di Bekasi-Jawa Barat >>>

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)

5 Tempat Wisata Yogyakarta Paling Hits yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata Yogyakarta Paling Hits yang Wajib Dikunjungi

foto up down world yogyakarta

Bloganda – Jangan ngaku hits kalau belum pernah plesiran ke 5 destinasi wisata Yogyakarta paling hits berikut ini. Ya, Yogyakarta bukan hanya populer dengan budayanya saja yang kental, tetapi kota gudeg ini juga menawarkan spot wisata menarik untuk disuguhkan bagi para traveler yang bertandang ke Yogyakarta.

Mulai dari keindahan panorama alam yang ciamik, wahana permainan yang menyenangkan, keeksotisan air terjun hingga kelezatan kulinernya pun tak boleh dilewatkan sama sekali. Bahkan guna memudahkan aktivitas traveler bertandang ke tempat-tempat wisata hits tersebut, Yogyakarta juga telah dilengkapi dengan fasilitas serta akomodasi yang lengkap dan memadai.

Nah bagi Anda yang hendak berlibur ke Yogyakarta, tetapi bingung mencari tempat wisata mana yang cocok untuk dikunjungi, barangkali artikel ini dapat membantu Anda untuk mencari referensi. Pasalnya pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan objek wisata Yogyakarta hits yang wajib untuk Anda kunjungi bersama orang-orang terkasih. Penasaran destinasi wisata mana saja?

5 Objek Wisata Yogyakarta Paling Hits yang Wajib Dikunjungi

  1. Upside Down World Yogya

Sesuai dengan namanya destinasi wisata ini menyajikan sensasi ruangan berkonsep rumah lengkap dengan segala perabotan aslinya yang didesain serba terbalik layaknya diluar angkasa. Setidaknya ada 8 spot keren yang dapat Anda jadikan objek berswa foto yang instagramable sekali. Untuk menikmati wahana ini Anda cukup bertandang ke Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY serta membayar Rp. 40.000 – Rp. 80.000 saja setiap orangnya.

  1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Wisata air terbesar di Indonesia yang terletak di Kawasan Terpadu Maguwo City, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta ini mengusung konsep bajak laut dengan paduan unsur pulau Jawa dan Eropa yang mana dilengkapi dengan 12 wahana serta 7 restoran di dalamnya.

Selain memiliki fasilitas yang mendukung aktivitas pengunjung, spot wisata ini juga memiliki program penerapan dan pemahaman edukasi bencana tsunami maupun gempa bumi kepada para pengunjung. Meskipun retribusi wisata ini mahal, tetapi sesuai dengan keseruan yang akan didapatkan.

  1. Green Village Gedangsari

Objek wisata ini masuk kedalam rekomendasi tempat wisata Yogyakarta paling hitas yang wajib dikunjungi selanjutnya ketika plesiran di kota wisata dan budaya ini. Wahana ini menyajikan indahnya panorama alam dari atas ketinggian dengan hamparan perbukitan yang hijau dan deretan gunung yang masih aktif.

Spot wisata yang tak dipungut biaya ini cocok sekali dikunjungi, terlebih bagi Anda pecinta fotografi. Bagi Anda para traveler yang berminat untuk menjadikan spot wisata hits ini tujuan berlibur silahkan berkunjung ke dataran tinggi Dusun Guyangan Lor, Mertelu, perbatasan antara DIY dan Kabupaten Klaten.

  1. Telaga Biru

Sebenarnya destinasi wisata ini adalah bekas tambang batu putih yang mana akibat galiannya yang dilakukan terus menerus membentuk sebuah cekungan yang lebar. Nah dalam kurun waktu lama cekungan tersebut akhirnya terisi oleh air hujan dan air dari dalam tanah.

Karena tak ada aktivitas manusia dalam jangka waktu yang lama akhirnya cekungan berisi air tersebut ditumbuhi oleh ganggang dan lumut yang mana membuat airnya menjadi berwarna hijau kebiru-biruan. Spot wisata gratis ini terletak di Dusun Ngemplak, Desa Candirejo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

  1. Kalibiru

Tempat wisata yang berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo ini merupakan wahana yang sangat fotogenik sekali berkat adanya hutan pohon pinus dengan pemandangn Waduk Sermo berbingkai perbukitan Monoreh.

Berkat keindahan serta keeksotisan panoramanya, destinasi wisata ini kerap kali menjadi spot andalan untuk melakukan sesi pemotretan prewedding para pasangan muda. Hanya dengan membayar Rp. 3.000 saja Anda sudah dapat merasakan indahnya panorama alam yang menakjubkan ini dengan puas.

Itulah rekomendasi 5 tempat wisata di Yogyakarta paling hits yang wajib untuk dikunjungi bersama sanak saudara saat hari libur tiba. Bagaimana keren-keren sekali bukan? Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi spot wisata ini jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada orang-orang terkasih. Selamat liburan dan jangan lupa share ya agar lebih bermanfaat bagi sesama.

Memilih Tempat Penginapan yang Tepat Saat Liburan

 

Memilih tempat penginapan merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin berlibur di suatu tempat dalam waktu yang yang terbilang cukup lama. Sebelum memilih tempat penginapan, mending tanya-tanya dulu deh atau cari tau informasi mengenai tempat penginapan tersebut dari teman, sahabat, tetangga, atau orang-orang yang udah pernah nginep di tempat penginapan tersebut. Berikut Kami berikan beberapa tips untuk memilih tempat penginapan yang tepat, diantaranya adalah :

  1. Cari Tahu Tentang Tempat Penginapan di Sekitar Area Wisata Tujuan Anda.

Jika Anda mencari tempat penginapan di peta, hal tersebut juga bisa membantu Anda dalam mencari akomodasi tempat penginapan. Kalopun membutuhkan transportasi umum maka ada baiknya memeriksa seberapa jauh lokasi tempat penginapan tersebut dari stasiun, terminal, atau halte. Perlu diperhatikan lagi mengenai area yang akan kamu pilih nantinya yang juga sesuaikan dengan kebutuhan Anda selama liburan.

  1. Akan Selalu Ada Hal yang Tidak Dapat diDuga saat Memilih Tempat Penginapan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah, apakah tempat penginapan tersebut terdapat rumah makan enak yang terdekat atau apakah tempat penginapan tersebut sangat nyaman untuk disinggahi. Penilaian dari para pengunjung adalah hal yang wajib Anda perhatikan !, apakah pelayanan tempat penginapan tersebut bagus atau tidak.

  1. Mencari Tempat Penginapan dengan Sistem Pesan di Awal, Bayarnya Belakangan aja.

Hal seperti ini bisa dilakukan jika Anda memang kebingungan untuk mencari tempat penginapan. Dengan sistem pesan di Awal dan bayar belakangan bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan karena dengan sistem ini Anda bisa memilih atau mengatur jadwal pesanan tanpa terkena denda dan pilihan ini juga bisa menguntungkan Anda tentunya.

  1. Travelling Barengan.

Sebelum berangkat, yang harus perlu Anda pikirkan adalah mengenai akomodasi penginapan apa yang akan Anda tempati di lokasi wisata selama berlibur. Tinggal di apartement atau di sebuah villa. Tentunya tempat penginapan tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi Anda selama liburan layaknya dirumah.

Itulah sedikit yang bisa Kami berikan, semoga bisa bermanfaat bagi Anda saat akan merencanakan liburan.

 

#### EKO WAHYU ####

<<< Tinggal di Bekasi-Jawa Barat >>>

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)

Kemegahan Candi Prambanan, Bukti Kekayaan Budaya Indonesia

Berlokasi di Kabupaten Sleman Yogyakarta merupakan Candi megah peninggalan Abad Ke-9. Candi Populer yang menjulang dengan ketinggian 47 Meter tersebut memiliki keunikan arsitektur yang luar biasa.

Candi yang dibangun pada masa pemerintahan dua raja dari Kerajaan Medang Mataram yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Berdirinya Candi ini sangat jelas menunjukkan kekayaan budaya Indonesia di Pulau Jawa pada masa yang lalu.

Struktur Bangunan Candi

Terdapat tiga Candi utama yang berada di halaman utama Candi Prambanan, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Ketiga Candi merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaan Agama Hindu.

Masing-masing Candi tersebut memiliki satu Candi pendamping, yaitu Garuda untuk Wisnu, Angsa untuk Brahma, dan Nandini untuk Siwa. Selain itu, masih ada 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, dan 4 Candi Sudut. Sementara itu di halaman kedua terdapat 224 Candi.

Ketika masuk dalam Candi Wisnu, Anda hanya akan menemukan satu ruangan yang berisi Arca Wisnu. Demikian pula pada Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, Anda hanya akan menemukan satu ruangan yang berisi Arca Brahma.

Ketika memasuki Candi Siwa yang berada di tengah, Anda akan menemukan 4 ruangan. Satu ruangan utama berisi Arca Siwa, ruangan yang lain masing-masing berisi Arca Durga (Istri Siwa), Agastya (Guru Siwa), dan Ganesha (Putra Siwa). Arca Durga itulah yang dikaitkan sebagai Arca Roro Jonggrang dalam legenda masyarakat Jawa.

Candi pendamping yang menarik perhatian pengunjung adalah Candi Garuda mengisahkan tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda, yang merupakan adaptasi Hindu dalam mitologi Mesir Kuno atau mitologi Yunani Kuno.

Garuda berhasil menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (Kakak Garuda yang lahir cacat) dengan cara mencuri Tirta Amerta, yaitu Air Suci para Dewa.

Kisah pengorbanan Garuda bagi Sang Ibu tersebut menginspirasi banyak orang, bahkan burung Garuda dijadikan sebagai lambang negara Indonesia. Selain itu, juga terdapat beberapa relief menarik, antara lain relief tentang kisah Ramayana, relief pohon Kalpataru, dan relief beraneka jenis burung.

Harga Tiket Masuknya nih

Kawasan candi prambanan kini telah dibangun taman. Kalo merasa lelah setelah berkeliling, ya istirahat aja dulu ngapa, kan ada tuh di sekitaran sana penuh dengan pohon-pohon yang rindang. Atau kalo berasa laper dan haus, bisa langsung menuju ke beberapa warung atau tempat jualan jajanan yang ada di sekitaran kawasan Candi Prambanan.

Untuk yang pengen lebih banyak mengetahui tentang Candi Prambanan, silahkan Anda berkunjung bersama teman-teman atau keluarga tercinta untuk menyaksikan kemegahan Candi Prambanan yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia Unesco tersebut. Untuk Harga Tiket Masuk Candi Prambanan berkisar antara Rp. 12500 (anak-anak) dan Rp. 30000 (dewasa). Demikian yang bisa kami berikan. Selamat menikmati Wisata yang Indah.

#### EKO WAHYU ####

<<< Tinggal di Bekasi-Jawa Barat >>>

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)

Liburan Bersama Si Kecil yang Bisa Bikin Para Bunda Hepi

Hai Bunda, senang ya kalau sudah waktunya liburan. Saatnya memanfaatkan waktu yang lebih berkualitas bersama keluarga. Liburan ke suatu tempat adalah ide yang bagus. Semangat sekali rasanya mempersiapkan apa saja yang harus dibawa, terutama kebutuhan si kecil. Perlu diingat ya Bunda, liburan membawa si kecil perlu extra perhatian. Sedikit lebih repot dan bawaan jadi lebih banyak, semuanya demi si kecil agar tetap aman dan nyaman saat berlibur.

Ini Loh yang Harus Bunda Persiapkan Saat Berlibur Bersama Si Kecil :

  1. Pakaian

Sesuaikan tempat liburan yang di tuju. Jika ke pantai siapkan pakaian renang atau baju sleeveless agar si kecil bisa ikut berenang dengan nyaman. Atau baju dan celana panjang jika ke pegunungan. Tetap siapkan jaket dan selimut atau baju hangat untuk si kecil. Tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian, lebih baik hitung baju sesuai dengan jumlah hari berada di tempat liburan, lebihkan 2-3 pasang pakaian untuk cadangan.

  1. Perlengkapan Makan dan Minum

Persiapkan perlengkapan makan dan botol minum si kecil. Cukup bawa masing-masing 1 buah supaya tidak memakan tempat terlalu banyak. Jangan lupa bawa juga sabun cuci peralatan makan si kecil, usahakan bawa yang travel size.

  1. Makanan Instan dan Cemilan

Jika tempat liburan jaraknya cukup jauh dan memakan cukup banyak waktu di jalan, sebaiknya siapkan makanan instan dan cemilan. Supaya anak tidak rewel karena lapar dan juga lebih praktis karena kita tidak perlu repot menyiapkan makanannya.

  1. Obat-obatan

Daya tahan tubuh si kecil tidak bisa ditebak ya Bunda, untuk berjaga jaga jika tiba-tiba si kecil tidak enak badan, sebaiknya siapkan juga obat-obatan seperti parasetamol, minyak telon, obat luka, dan lainnya.

  1. Popok

Bawa secukupnya popok supaya koper tidak penuh dengan popok. Jika kurang bisa membeli di toko-toko sekitar tempat wisata.

  1. Mainan

Selalu bawa mainan favorit si kecil, supaya dia tidak bosan di perjalanan. Bawa yang kira-kira muat masuk di tas dan tidak mudah patah/pecah supaya aman.

  1. Perlengkapan Lain

Bawalah perlengkapan-perlengkapan lain seperti tissue basah dan kering, kain gendongan, stroller, tas plastik untuk membuang popok kotor, tanda pengenal anak (berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang di luar dugaan), dan kamera untuk mengabadikan momen menyenangkan bersama si kecil.

Demikian tips yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat ya Bunda. Selamat menjalani liburan yang menyenangkan.

 

#### EKO WAHYU ####

==<<Tinggal di Bekasi-Jawa Barat>>==

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)