Liburan Pendek yang Nyenengin Banget

Untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas di sela-sela segala aktivitas, melupakan tekanan pekerjaan atau tugas-tugas sekolah bagi anak-anak Anda, berlibur adalah sesuatu yang sangat didambakan. Namun, karena kesibukan yang begitu padat terkadang Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berlibur, agak susah mensiasati dan menyesuaikan waktu demi mendapat liburan panjang, terutama berhubungan dengan waktu libur kerja dan libur sekolah anak-anak. Akan lebih rumit lagi bagi Anda dan Pasangan yang bekerja, umumnya Anda hanya memiliki waktu libur 2 hari saja, Sabtu dan Minggu.

Anda butuh strategi tepat untuk mendapatkan liburan yang sesuai dengan harapan walau waktunya singkat. Berikut beberapa tips agar liburan Anda lebih efektif namun tetap menyenangkan, meski masa liburan relatif singkat :

  1. Rencanakan Perjalanan Sebelumnya

Agar liburan singkat Anda tidak terganggu dengan urusanurusan yang belum terselesaikan misalnya pekerjaan, ambillah cuti pada hari-hari menjelang weekend supaya bisa digabung dengan hari Minggu, sehingga Anda benar-benar bisa memanfaatkan cuti tersebut untuk liburan dan hari Minggu bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

  1. Rencanakan Perjalanan dengan Bijak

Dengan rencana liburan, seperti jadwal berangkat, berapa tempat yang ingin dikunjungi, akan membuat liburan menjadi terarah. Berlibur tanpa tujuan dan rencana yang tidak jelas hanya membuang waktu. Demikian juga transportasi yang digunakan harus direncanakan dengan baik. Selain itu akan lebih bijak jika sebaiknya tidak perlu memasukkan banyak objek wisata ke dalam daftar rencana.

  1. Buat Rencana Cadangan

Rencana perjalananan tetap harus dibuat, tetapi tetap fleksibel karena terkadang banyak hal yang terjadi di luar kendali. Bisa saja Anda mendapat informasi baru tentang objek wisata menarik di luar rencana Anda yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat yang direncanakan. Anda bisa mengganti destinasi yang sudah ditentukan dan tetap melanjutkan serta menikmati liburan singkat Anda.

  1. Buat Daftar Tujuan

Karena waktu yang Anda punyai terbatas maka Anda harus pintar membagi waktu antara satu objek wisata dengan objek lainnya, cari informasi tentang jarak tempat menginap dengan objek wisata yang akan Anda kunjungi. Kelompokkan objek-objek tersebut berdasarkan jarak. Yang terpenting adalah ketika sudah sampai di satu objek usahakan Anda konsisten dengan jadwal, jangan terlena di satu tempat sehingga tempat wisata lain yang sudah direncanakan tak bisa dikunjungi.

  1. Bawa Barang Seperlunya Aja

Untuk liburan yang singkat, sebaiknya tidak perlu membawa barang yang terlalu banyak. Bawalah pakaian secukupnya, obat-obatan pribadi, alat komunikasi, serta kamera. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam tas agar praktis.

  1. Mempersiapkan Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh yang fit dibutuhkan untuk liburan singkat, dalam hal ini kondisi fisik Anda juga harus disiapkan dengan baik. Siapkan makanan yang bergizi dan vitamin, jangan sampai liburan seru Anda terhenti karena Anda lelah dan sakit di tengah perjalanan atau sepulang liburan.

Semoga Informasi beberapa tips diatas bermanfaat.

 

#### EKO WAHYU ####

<<< Tinggal di Bekasi-Jawa Barat >>>

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)

Memilih Tempat Penginapan yang Tepat Saat Liburan

 

Memilih tempat penginapan merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin berlibur di suatu tempat dalam waktu yang yang terbilang cukup lama. Sebelum memilih tempat penginapan, mending tanya-tanya dulu deh atau cari tau informasi mengenai tempat penginapan tersebut dari teman, sahabat, tetangga, atau orang-orang yang udah pernah nginep di tempat penginapan tersebut. Berikut Kami berikan beberapa tips untuk memilih tempat penginapan yang tepat, diantaranya adalah :

  1. Cari Tahu Tentang Tempat Penginapan di Sekitar Area Wisata Tujuan Anda.

Jika Anda mencari tempat penginapan di peta, hal tersebut juga bisa membantu Anda dalam mencari akomodasi tempat penginapan. Kalopun membutuhkan transportasi umum maka ada baiknya memeriksa seberapa jauh lokasi tempat penginapan tersebut dari stasiun, terminal, atau halte. Perlu diperhatikan lagi mengenai area yang akan kamu pilih nantinya yang juga sesuaikan dengan kebutuhan Anda selama liburan.

  1. Akan Selalu Ada Hal yang Tidak Dapat diDuga saat Memilih Tempat Penginapan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah, apakah tempat penginapan tersebut terdapat rumah makan enak yang terdekat atau apakah tempat penginapan tersebut sangat nyaman untuk disinggahi. Penilaian dari para pengunjung adalah hal yang wajib Anda perhatikan !, apakah pelayanan tempat penginapan tersebut bagus atau tidak.

  1. Mencari Tempat Penginapan dengan Sistem Pesan di Awal, Bayarnya Belakangan aja.

Hal seperti ini bisa dilakukan jika Anda memang kebingungan untuk mencari tempat penginapan. Dengan sistem pesan di Awal dan bayar belakangan bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan karena dengan sistem ini Anda bisa memilih atau mengatur jadwal pesanan tanpa terkena denda dan pilihan ini juga bisa menguntungkan Anda tentunya.

  1. Travelling Barengan.

Sebelum berangkat, yang harus perlu Anda pikirkan adalah mengenai akomodasi penginapan apa yang akan Anda tempati di lokasi wisata selama berlibur. Tinggal di apartement atau di sebuah villa. Tentunya tempat penginapan tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi Anda selama liburan layaknya dirumah.

Itulah sedikit yang bisa Kami berikan, semoga bisa bermanfaat bagi Anda saat akan merencanakan liburan.

 

#### EKO WAHYU ####

<<< Tinggal di Bekasi-Jawa Barat >>>

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)

Liburan Bersama Si Kecil yang Bisa Bikin Para Bunda Hepi

Hai Bunda, senang ya kalau sudah waktunya liburan. Saatnya memanfaatkan waktu yang lebih berkualitas bersama keluarga. Liburan ke suatu tempat adalah ide yang bagus. Semangat sekali rasanya mempersiapkan apa saja yang harus dibawa, terutama kebutuhan si kecil. Perlu diingat ya Bunda, liburan membawa si kecil perlu extra perhatian. Sedikit lebih repot dan bawaan jadi lebih banyak, semuanya demi si kecil agar tetap aman dan nyaman saat berlibur.

Ini Loh yang Harus Bunda Persiapkan Saat Berlibur Bersama Si Kecil :

  1. Pakaian

Sesuaikan tempat liburan yang di tuju. Jika ke pantai siapkan pakaian renang atau baju sleeveless agar si kecil bisa ikut berenang dengan nyaman. Atau baju dan celana panjang jika ke pegunungan. Tetap siapkan jaket dan selimut atau baju hangat untuk si kecil. Tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian, lebih baik hitung baju sesuai dengan jumlah hari berada di tempat liburan, lebihkan 2-3 pasang pakaian untuk cadangan.

  1. Perlengkapan Makan dan Minum

Persiapkan perlengkapan makan dan botol minum si kecil. Cukup bawa masing-masing 1 buah supaya tidak memakan tempat terlalu banyak. Jangan lupa bawa juga sabun cuci peralatan makan si kecil, usahakan bawa yang travel size.

  1. Makanan Instan dan Cemilan

Jika tempat liburan jaraknya cukup jauh dan memakan cukup banyak waktu di jalan, sebaiknya siapkan makanan instan dan cemilan. Supaya anak tidak rewel karena lapar dan juga lebih praktis karena kita tidak perlu repot menyiapkan makanannya.

  1. Obat-obatan

Daya tahan tubuh si kecil tidak bisa ditebak ya Bunda, untuk berjaga jaga jika tiba-tiba si kecil tidak enak badan, sebaiknya siapkan juga obat-obatan seperti parasetamol, minyak telon, obat luka, dan lainnya.

  1. Popok

Bawa secukupnya popok supaya koper tidak penuh dengan popok. Jika kurang bisa membeli di toko-toko sekitar tempat wisata.

  1. Mainan

Selalu bawa mainan favorit si kecil, supaya dia tidak bosan di perjalanan. Bawa yang kira-kira muat masuk di tas dan tidak mudah patah/pecah supaya aman.

  1. Perlengkapan Lain

Bawalah perlengkapan-perlengkapan lain seperti tissue basah dan kering, kain gendongan, stroller, tas plastik untuk membuang popok kotor, tanda pengenal anak (berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang di luar dugaan), dan kamera untuk mengabadikan momen menyenangkan bersama si kecil.

Demikian tips yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat ya Bunda. Selamat menjalani liburan yang menyenangkan.

 

#### EKO WAHYU ####

==<<Tinggal di Bekasi-Jawa Barat>>==

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)

Begini nih Caranya Liburan Murah yang Menyenangkan

Begini nih Caranya Liburan Murah yang Menyenangkan

foto Pilihan Wisata di Batam yang Harus Disambangi

Pasti semua orang menginginkan berlibur dengan biaya minim dan sangat murah, mungkin juga termasuk Anda. Terkadang pun Anda bingung untuk menyiasati bagaimana cara liburan dengan biaya yang sangat murah. Untuk membantu Anda, berikut kami berikan Cara Liburan Murah yang Menyenangkan dan tentunya bisa menghibur hati Anda.

1. Pergi Liburannya di Hari Biasa Aja Yach, Biar Gak Kena Macet Gitu Saat Perjalanan.

Pasti Anda semua udah pada tau dong kalau liburan di waktu libur terkadang akan sangat menyebalkan, karena jalanan bisa sangat macet karena semua orang akan beramai-ramai pergi berlibur mengunjungi tempat wisata yang sama. Tidak cuma itu, harga tiket tempat rekreasi pun akan melonjak daripada hari biasanya. Makanya kalau mau liburan mending hari biasa aja. Memang, terkadang kita harus izin dari tempat kerja untuk melaksanakannya. Tapi sisi positifnya adalah, Anda bisa liburan dengan suasana yang lebih tenang dan bisa menghemat pengeluaran.

2. Kalau Mo Nginep, di Tempat Orang yang Udah diKenal Aja, Pokoknya Tempat yang Murah Meriah.

Semua Orang tentunya udah pada tahu, kalau nginep di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu hal ini akan membuat pengeluaran liburan akan semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menginap di rumah saudara, teman, atau rumah penduduk yang terkadang disewakan untuk liburan. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada di hotel, dan ini bisa menjadi solusi agar liburan Anda menjadi murah meriah.

3. Pake Strategi Pesen Tiket Pesawat atau Tiket Kereta.

Jika Anda sering menggunakan situs OnLine untuk keperluan berlibur, jangan ragu untuk membandingkan satu situs dengan yang lainnya. Sebagai contoh, untuk pemesanan tiket pesawat atau tiket kereta, ada banyak situs OnLine yang bisa dimanfaatkan, seperti Traveloka, Tiket, atau PegiPegi. Cari informasinya sebanyak dan sedetail mungkin dengan cara membandingkannya, karena setiap situs mengambil margin harga yang berbeda-beda dari harga tiket asli. Kalau sudah menemukannya, jangan ragu untuk memesan.

4. Jangan Ragu untuk Tanya-tanya sama Teman yang Udah Pengalaman.

Sebelum Anda menentukan tempat mana yang akan dikunjungi untuk berlibur, sebaiknya Anda cari tahu informasi tentang tempat wisata itu terlebih dahulu. Selain melalui situs OnLine, cari tahu informasinya dengan cara menanyakan langsung kepada teman, atau bisa juga bertanya kepada komunitas lainnya yang udah punya pengalaman mengunjungi tempat wisata tujuan Anda tersebut. Seperti komunitas backpacker, Anda bisa bertanya kepada mereka dan berkonsultasi bagaimana trik agar bisa berlibur dengan menggunakan biaya seminimal mungkin. Jangan ragu untuk menjalin kedekatan dengan para komunitas itu, karena siapa tahu Anda akan diajak berlibur bareng suatu saat nanti.

5. Datengin deh tuh Tempat Wisata yang Baru Buka.

Tempat wisata yang baru dibangun atau baru didirikan bisa menjadi tempat wisata hemat alternatif bagi Anda. Karena biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan selalu menyediakan promo yang super murah. Berbeda halnya dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiketnya ketika liburan berlangsung.

6. Kalau Laper atau Haus, Cari Tempat Jajanan yang Murah aja Yach.

Ketika Anda berkunjung ke tempat wisata, satu hal yang harus diperhatikan adalah biaya makannya. Karena apabila kita makan di rumah makan di tempat tersebut, harganya selalu lebih mahal dari di luar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa makan di daerah sekitar tempat wisata, seperti jajanan tradisional atau warung makan di pinggir jalan yang lebih murah. Hindari juga untuk makan di restoran mewah. Jangan ragu juga untuk mempelajari kekayaan kuliner di tempat wisata tujuan Anda. Sebab itu akan memperkaya wawasan Anda ketika berada di sana.

#### Liburan Gak Perlu Mahal Kan ####

Dengan membaca artikel di atas, Anda bisa menikmati liburan yang murah meriah dengan berbagai cara. Yang jelas, Anda harus mau menyesuaikan liburan dengan dana yang Anda miliki. Jika dana Anda kurang atau menipis, jangan memaksakan diri untuk bisa makan di restoran mewah. Perhitungkan dan rencanakan dengan matang liburan Anda sebaik mungkin.

 

#### EKO WAHYU ####

Tinggal di Bekasi-Jawa Barat

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)

5 tips yang wajib diketahui Treveller Cilik Pecinta Gunung

5 tips yang wajib diketahui bagi pendaki gunung khususnya treveller cilik pecinta gunung

gambar pendaki gunung cilik

Sumber Gambar diambil dari phinemo.com/ingin-mendaki-gunung-bersama-anak-jangan-dulu-sebelum-tahu-hal-ini

Hallo sobat travelindah.com dimanapun anda berada.
Team kami saat ini ingin membagikan tips bagi anak anda yang usianya masih belum remaja namun kepengen banget mendaki gunung. Mungkin terbesit dipikiran anda, anak kecil naik gunung ? Yups, jangan kaget loh kalo sebenarnya di dunia ini banyak pendaki cilik.

Nah tips yang akan diberikan team kami ini datang langsung dan diberikan oleh pendaki cilik asal indonesia yang ternyata berhasil menaklukkan puncak tertinggi di indonesia atau puncak Carstensz, Papua pada tahun 2017. Nama summiter cilik indonesia asal bogor ini adalah “Khansa Syahlaa”.

Khansa ini namanya sangat populer karena di usia 11 tahun berhasil menaklukan puncak Carstensz, dan saat ini mendapat gelar 7 Summiter Termuda di dunia.

Oke Langsung saja berikut ini 5 Tips bagi Traveller Cilik Pecinta Gunung :

1. Persiapkan Fisik Yang Prima
Jangan memaksakan mendaki gunung jika fisik kita sedang sakit atau ngedrop. Fisik yang siap merupakan modal pertama naik gunung yang penting. Bagaimana caranya menjaga agar fisik siap dan prima, salah satunya dengan rutin berolah raga sebelum naik gunung, oleh raga ini harus dilakukan juga loh buat pendaki cilik.
Contoh aktifitas olah raga ini yaitu Lari. Berenang, Jogging dan Lain-lain.

2. Persiapkan Mental
Ingat loh mendaki gunung itu bukanlah permainan. itulah yang mesti di tanamkan oleh setiap pendaki. Sehingga Mental sudah mesti dipersiapkan dengan baik.

“Yang kedua itu persiapkan mental. Kalau fisik sudah prima akan tetapi mental gak siap, akan percuma juga nantinya” ucap Khansa.

3. Pahami Medan
Pengetahuan yang cukup seputar gunung yang akan di daki harus menjadi bekal bagi traveler sebelum mendaki. Dengan pengetahuan medan yang cukup akan membuat si pendaki lebih siap.

Pengetahuan seputar medan itu meliputi karakteristik gunung tersebut. Kita harus tau ada berapa base camp. base camp yang mana yang ada dan dekat mata airnya, ini sangat penting. Jadi pas sampai di lapangan pendaki tidak terlalu buta dan tidak terlalu bingung.

4. Persiapkan Peralatan
Mendaki gunung itu perlu perlengkapan yang memadai, walau kadang kala masalah ini tampak disepelekan. Peralatan yang baik sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam mendaki. Terutama peralatan yang fungsi utamanya menjaga badan kita. Peralatan ini bukanlah perkara untuk gaya-gayaan.

Peralatan yang dimaksud yaitu peralatan yang memadai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah satu yang sangat penting itu adalah sepatu, karena kaki merupakan senjata utama kita mendaki gunung. Jadi harus dijaga sebaik-baiknya jangan sampai kotor, rusak fungsinya, tidak boleh ada lecet sedikit. Karena hal kecil ini bisa berdampak besar dipendakian nantinya.

5. Perbekalan yang Cukup
Tips yang terakhir adalah perbekalan yang cukup dan memadai untuk mendaki gunung. tips dari khansa mengenai perbekalan ini yaitu bawalah perbekalan yang lebih dari target rencana berapa hari pendakian. Untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tak di inginkan di gunung.

Menurut khansa “Terakhir itu perbekalan, kalau aku biasanya menambahkan 1 sampai 2 hari. Misalkan aku mendaki 3 hari, tapi aku tambah-tambahin buat cadangan makanan aja waktu ada apa-apa dan yang paling penting berdoa sama dzikir saja sih”, tutup Khansa.

Nah diatas itu merupakan beberapa tips dari sang summiter cilik Khansa. Dengan umurnya yang saat ini masih belia, khansa telah membuktikan kebolehanya mendaki puncak gunung di indonesia.
Apakah ada pendaki cilik lainya yang mau mengikuti jejak Khansa ini ?

Semoga tips ini bisa bermanfaat. Terima Kasih. 🙂