Berlokasi di Kabupaten Sleman Yogyakarta merupakan Candi megah peninggalan Abad Ke-9. Candi Populer yang menjulang dengan ketinggian 47 Meter tersebut memiliki keunikan arsitektur yang luar biasa.

Candi yang dibangun pada masa pemerintahan dua raja dari Kerajaan Medang Mataram yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Berdirinya Candi ini sangat jelas menunjukkan kekayaan budaya Indonesia di Pulau Jawa pada masa yang lalu.

Struktur Bangunan Candi

Terdapat tiga Candi utama yang berada di halaman utama Candi Prambanan, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Ketiga Candi merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaan Agama Hindu.

Masing-masing Candi tersebut memiliki satu Candi pendamping, yaitu Garuda untuk Wisnu, Angsa untuk Brahma, dan Nandini untuk Siwa. Selain itu, masih ada 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, dan 4 Candi Sudut. Sementara itu di halaman kedua terdapat 224 Candi.

Ketika masuk dalam Candi Wisnu, Anda hanya akan menemukan satu ruangan yang berisi Arca Wisnu. Demikian pula pada Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, Anda hanya akan menemukan satu ruangan yang berisi Arca Brahma.

Ketika memasuki Candi Siwa yang berada di tengah, Anda akan menemukan 4 ruangan. Satu ruangan utama berisi Arca Siwa, ruangan yang lain masing-masing berisi Arca Durga (Istri Siwa), Agastya (Guru Siwa), dan Ganesha (Putra Siwa). Arca Durga itulah yang dikaitkan sebagai Arca Roro Jonggrang dalam legenda masyarakat Jawa.

Candi pendamping yang menarik perhatian pengunjung adalah Candi Garuda mengisahkan tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda, yang merupakan adaptasi Hindu dalam mitologi Mesir Kuno atau mitologi Yunani Kuno.

Garuda berhasil menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (Kakak Garuda yang lahir cacat) dengan cara mencuri Tirta Amerta, yaitu Air Suci para Dewa.

Kisah pengorbanan Garuda bagi Sang Ibu tersebut menginspirasi banyak orang, bahkan burung Garuda dijadikan sebagai lambang negara Indonesia. Selain itu, juga terdapat beberapa relief menarik, antara lain relief tentang kisah Ramayana, relief pohon Kalpataru, dan relief beraneka jenis burung.

Harga Tiket Masuknya nih

Kawasan candi prambanan kini telah dibangun taman. Kalo merasa lelah setelah berkeliling, ya istirahat aja dulu ngapa, kan ada tuh di sekitaran sana penuh dengan pohon-pohon yang rindang. Atau kalo berasa laper dan haus, bisa langsung menuju ke beberapa warung atau tempat jualan jajanan yang ada di sekitaran kawasan Candi Prambanan.

Untuk yang pengen lebih banyak mengetahui tentang Candi Prambanan, silahkan Anda berkunjung bersama teman-teman atau keluarga tercinta untuk menyaksikan kemegahan Candi Prambanan yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia Unesco tersebut. Untuk Harga Tiket Masuk Candi Prambanan berkisar antara Rp. 12500 (anak-anak) dan Rp. 30000 (dewasa). Demikian yang bisa kami berikan. Selamat menikmati Wisata yang Indah.

#### EKO WAHYU ####

<<< Tinggal di Bekasi-Jawa Barat >>>

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)