Untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas di sela-sela segala aktivitas, melupakan tekanan pekerjaan atau tugas-tugas sekolah bagi anak-anak Anda, berlibur adalah sesuatu yang sangat didambakan. Namun, karena kesibukan yang begitu padat terkadang Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berlibur, agak susah mensiasati dan menyesuaikan waktu demi mendapat liburan panjang, terutama berhubungan dengan waktu libur kerja dan libur sekolah anak-anak. Akan lebih rumit lagi bagi Anda dan Pasangan yang bekerja, umumnya Anda hanya memiliki waktu libur 2 hari saja, Sabtu dan Minggu.

Anda butuh strategi tepat untuk mendapatkan liburan yang sesuai dengan harapan walau waktunya singkat. Berikut beberapa tips agar liburan Anda lebih efektif namun tetap menyenangkan, meski masa liburan relatif singkat :

  1. Rencanakan Perjalanan Sebelumnya

Agar liburan singkat Anda tidak terganggu dengan urusanurusan yang belum terselesaikan misalnya pekerjaan, ambillah cuti pada hari-hari menjelang weekend supaya bisa digabung dengan hari Minggu, sehingga Anda benar-benar bisa memanfaatkan cuti tersebut untuk liburan dan hari Minggu bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

  1. Rencanakan Perjalanan dengan Bijak

Dengan rencana liburan, seperti jadwal berangkat, berapa tempat yang ingin dikunjungi, akan membuat liburan menjadi terarah. Berlibur tanpa tujuan dan rencana yang tidak jelas hanya membuang waktu. Demikian juga transportasi yang digunakan harus direncanakan dengan baik. Selain itu akan lebih bijak jika sebaiknya tidak perlu memasukkan banyak objek wisata ke dalam daftar rencana.

  1. Buat Rencana Cadangan

Rencana perjalananan tetap harus dibuat, tetapi tetap fleksibel karena terkadang banyak hal yang terjadi di luar kendali. Bisa saja Anda mendapat informasi baru tentang objek wisata menarik di luar rencana Anda yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat yang direncanakan. Anda bisa mengganti destinasi yang sudah ditentukan dan tetap melanjutkan serta menikmati liburan singkat Anda.

  1. Buat Daftar Tujuan

Karena waktu yang Anda punyai terbatas maka Anda harus pintar membagi waktu antara satu objek wisata dengan objek lainnya, cari informasi tentang jarak tempat menginap dengan objek wisata yang akan Anda kunjungi. Kelompokkan objek-objek tersebut berdasarkan jarak. Yang terpenting adalah ketika sudah sampai di satu objek usahakan Anda konsisten dengan jadwal, jangan terlena di satu tempat sehingga tempat wisata lain yang sudah direncanakan tak bisa dikunjungi.

  1. Bawa Barang Seperlunya Aja

Untuk liburan yang singkat, sebaiknya tidak perlu membawa barang yang terlalu banyak. Bawalah pakaian secukupnya, obat-obatan pribadi, alat komunikasi, serta kamera. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam tas agar praktis.

  1. Mempersiapkan Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh yang fit dibutuhkan untuk liburan singkat, dalam hal ini kondisi fisik Anda juga harus disiapkan dengan baik. Siapkan makanan yang bergizi dan vitamin, jangan sampai liburan seru Anda terhenti karena Anda lelah dan sakit di tengah perjalanan atau sepulang liburan.

Semoga Informasi beberapa tips diatas bermanfaat.

 

#### EKO WAHYU ####

<<< Tinggal di Bekasi-Jawa Barat >>>

(Hobi Jalan-jalan, Doyan Cuci Mata, Doyan Baca, Doyan Main Game, Doyan Bisnis, Doyan Makan-Minum, Doyan Duit Juga)